Ad

advertisement

Ad
Ad
Ad

Nomor ID Pribadi untuk Warga Negara dan Penduduk Jepang

n-focus-a-20151006-870x541

Dari awal Oktober 2015, semua Warga Negara Jepang dan juga Warga Negara Asing yang tinggal di Jepang (penduduk) akan diberi 12 digit nomor ID pribadi.
Nomor ID pribadi ini adalah sebuah sistem penomoran universal yang baru akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2016, yang akan menetapkan semua warga negara dan penduduk asing. Adapun nomor identifikasi ini adalah untuk menggabungkan administrasi pajak penghasilan, jaminan sosial, dan kesiapsiagaan bencana.
Sebelumnya pemberian catatan untuk warga negara dan penduduk saat ini ditangani dibawah campuran keluarga dan penduduk terdaftar, diberikan nomor pengindetifikasi yang berbeda dan terpisah untuk pajak pendapatan nasional, pajak daerah, asuransi kesehatan nasional dan pensiun jaminan sosial.

Nomor ID pribadi ini tidak akan berubah seumur hidup. Kartu nomor ID pribadi akan dikirim terpisah dengan kartu informasi dalam bulan Oktober ini. Kartu Nomor ID pribadi ini akan berlaku selama 10 tahun bagi mereka yang berusia diatas 20 dan lima tahun untuk mereka yang dibawah 20 tahun.

Penggunan Nomor ID pribadi ini akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari dimulai pada tanggal 1 januari 2016. Perusahaan akan diminta untuk mengumpulkan dan mengelola nomor untuk semua karyawannya untuk keperluan pajak penghasilan dan pemotongan jaminan sosial. Namun ada Undang-undang khusus yang diberlakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Nomor ID pribadi karyawan oleh Atasan/Pengusaha.

Tujuan utama pemerintah Jepang dalam membangun sistem penomoran universal yaitu untuk menyederhanakan dan memudahkan administrasi fungsi negara inti seperti pengumpulan pajak penghasilan dan pencatatannya. Dihimbau untuk pengusaha/ perusahaan di Jepang harus memastikan bahwa sistem administrasi SDM mereka sepenuhnya siap untuk pengenalan sistem baru termasuk pengamatan pembatasan penanganan dan penggunaan ID baru. Selain itu, perlu harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pengelolaan yang tepat dari Nomor pribadi ID ketika menangani karyawannya diantara lain seperti pencegahan kebocoran nomor ID, kehilangan dan kerusakan, dan kemungkinan lainnya.

Sistem ini tidak akan menjadikan satu pusat informasi database. Informasi tetap akan disimpan secara terpisah dalam setiap organisasi pemerintah saat ini, namun akan memudahkan permintaan informasi dari satu sama lain bila diperlukan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>